Artikel & Sejarah Tentang Kota Bogor

http://ichank420.blogspot.co.id/

Sejarah kota bogor

http://ichank420.blogspot.co.id/

Bogor ditilik dari sejarahnya adalah tempat berdirinya Kerajaan Hindu Tarumanagara di abad kelima. Beberapa kerajaan lainnya lalu memilih untuk bermukim di tempat yang sama dikarenakan daerah pegunungannya yang secara alamiah membuat lokasi ini mudah untuk bertahan terhadap ancaman serangan, dan disaat yang sama adalah daerah yang subur serta memiliki akses yang mudah pada sentra-sentra perdagangan saat itu. Namun hingga kini, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh beberapa arkeolog ternama seperti Prof. Uka Tjandrasasmita, keberadaan tempat dan situs penting yang menyatakan eksistensi kerajaan tersebut, hingga kini masih belum ditemukan bukti otentiknya.

Salah satu kerajaan yang paling terkenal pernah berkuasa di bogor adalah kerajaan Pajajaran dan beribukota di Kota Pakuan, hari dinobatkannya  Prabu Siliwangi (Sri Baduga Maharaja Ratu Haji I Pakuan Pajajaran) yaitu 3 Juni 1482 dijadikan sebagai hari jadi kota Bogor oleh DPRD Kota dan Kabupaten Bogor pada tahun 1973. Sejarah tentang Kerajaan Pakuan sempat hilang akibat serangan oleh Kerajaan Banten, tapi pada tahun 1687 berhasil ditemukan kembali oleh ekspedisi Belanda yang dipimpin oleh Scipio dan Riebeck. 

Berdasarkan penelitian terhadap Prasasti Batutulis dan beberapa situs lainnya, ditemukan bahwa pusat pemerintahan Kerajaan Pajajaran terletak di Kota Bogor.

http://ichank420.blogspot.co.id/

membangun Istana Bogor seiring dengan pembangunan Jalan Raya Daendels yang menghubungkan Batavia dengan Bogor.  Bogor direncanakan sebagai sebagai daerah pertanian dan tempat peristirahatan bagi Gubernur Jenderal. Dengan pembangunan-pembangunan ini, wilayah Bogor pun mulai berkembang.

http://ichank420.blogspot.co.id/

http://ichank420.blogspot.co.id/

Setahun kemudian, van Imhoff menggabungkan sembilan distrik (Cisarua, Pondok Gede, Ciawi, Ciomas, Cijeruk, Sindang Barang, Balubur, Dramaga dan Kampung Baru) ke dalam satu pemerintahan yang disebut Regentschap Kampung Baru Buitenzorg. Pada saat pemerintahan Hindia Belanda mengalami kebangkrutan yaitu pada awal abad kesembilan belas, wilayah indonesia dikuasai oleh inggris yang di pimpin oleh Gubernur Jendral Thomas Rafless. Pada masa inilah istana Bogor mengalami renovasi dan area disekitarnya dibuat menjadi Kebun Raya (Botanical Garden).
Sejarah singkat ini diambil dari artikel yang ada di wikipedia yang cukup panjang dan cukup lengkap, 
jika ingin membaca kelanjutan ceritanya bisa langsung menuju artikel ini http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Bogor.

Saat ini Bogor menjadi salah satu kota satelit Jakarta, banyak warga bogor yang bekerja di Jakarta dan Bogor juga menjadi salah satu kota tujuan wisata untuk warga Jakarta dan sekitarnya.

http://ichank420.blogspot.co.id/

http://ichank420.blogspot.co.id/

Istana dan Kebun Raya Bogor ini menjadi salah satu andalan tujuan wisata di Kota Bogor, tujuan wisata lain di Bogor antara lain Kawasan Puncak, Gunung Pancar, Gunung Bunder, Gunung Salak  Endah, Situ Gede dan lainnya. Selain wisata alam saat ini di Bogor banyak sekali tempat hiburan lainnya, seperti untuk wisata kuliner, wisata air, atau outbond.
Berikut ini beberapa foto-foto tentang kebun raya bogor.

http://ichank420.blogspot.co.id/
Peta Wilayah Bogor


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Kritik dan sarannya silahkan coment guys .. thanks